TOP 7 Website Pencarian Lirik Terpopuler - Top Lyric Sites

Mencari Lirik? - Hello Dears, kali ini kita akan membahas mengenai situs penyedia lirik. Bukan lirik-melirik seperti lirikan matamu lho ya, hihi, tetapi tentang Lirik Lagu ^_^ .. Yup, agak berbeda dari biasanya nih, ini merupakan gabungan topik "Internet + Musik". Dua-duanya saya suka.

Top 7 Lyric Sites, mencari lirik
Image © Eva d0LLzz
Note: Situs-situs ini hanya untuk yang ingin tahu lirik atau yang sekedar ingin bernyanyi biasa, bukan untuk di re-post atau di pergunakan untuk tujuan komersil tanpa izin ya. Hati-hati ^^
Karena itu, mari kita lihat website mana sajakah yang paling populer dari dulu hingga kini dan juga ada sedikit review berdasarkan pengalaman saya selama bertualang mencari lirik di daftar website berikut;

1. Azlyrics [dot] com


Seperti namanya, "A Z lyrics universe" menyediakan berbagai macam lirik, musisi dan berbagai genre (kecuali death metal / hardcore :D).

Sebagian besar lirik lagu yang tersedia di sini dari Genre Pop / Pop Rock / Sejenisnya. Ada juga 'video section' di azvideos.com.

Azlyrics punya search engine yang terhubung ke banyak situs lirik lainnya di dunia, dan banyak situs penyedia lirik seluruh dunia yang terhubung ke azlyrics ini apabila pengunjung ingin mencari lebih banyak lirik. Karena itulah situs ini harus berada di list pertama.

Selain itu, para pencari lirik dapat me-request lirik yang belum tersedia di sana dan bisa juga men-submit lirik.

Tetapi, pihak azlyrics memperingatkan agar anda benar-benar sudah memastikan bahwa lirik yang ingin anda request atau submit itu belum tersedia.

Beberapa musisi Indonesia yang ada di website ini: Iwan Fals, Anggun, dan Agnes Monica.


2. Darklyrics [dot] com


Yang ini juga salah satu favorit saya, hehe, anda pasti setuju bahwa dari sekian banyak website penyedia lirik lagu, hanya segelintir saja yang menyediakan lirik dari Band Rock / Metal dan para saudaranya sedetail-detailnya.

Yeaahhh, jika anda adalah seorang ROCKER atau METAL HEAD sejati, inilah tempat yang pas untuk mencari lirik dari musisi di genre ini.

Mulai dari yang mainstream sampai yang underated komplit ^o^

Seperti yang di informasikan di homepage situs ini, saat ini sudah ada lebih dari 4,500 Band / Musisi seluruh dunia yang sudah di submit dan ada lebih dari 13,000 daftar album dan liriknya.

Intinya, situs ini menyediakan info Album, Lirik, Label dari para Musisi / Band ber-genre musik berat.

Salah satu Band Indonesia yang ada di website ini: SiksaKubur.


3. STlyrics [dot] com


Nah, ini nih situs yang tepat bagi para pecinta film (movie) dan lagu-lagu tema-nya. Nama situsnya saja sudah stlyrics, ST berarti SoundTrack.

Saat anda berkunjung ke situs ini, pada tampilan awal sudah di suguhkan dengan berbagai macam soundtracks baru maupun daftar terpopuler sepanjang masa. 

Lengkap dengan thumbnail sang penyanyi dan film-nya.

Anda tinggal klik lagu yang anda cari, akan muncul lirik beserta video untuk mendengarkan lagu sambil bernyanyi di depan lirik ^_^ .. Atau bisa langsung search lagu / artis / film yang anda inginkan.

Apakah situs ini hanya menampilkan soundtrack saja?

Tidak juga, kita bisa juga cari lagu umum, untuk lirik lagu-lagu Indonesia juga bisa kita temukan di sini. Ketikkan saja judul lagu atau kata kunci utama dari lagu. Maka akan banyak muncul hasil dari "Google Custome Search" mereka.


4. Plyrics [dot] com


Hello anak-anak Punk, heheh, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Sebuah situs penyedia lirik lagu khusus untuk musik beraliran punk. 

Yo'i, namanya kan Plyrics, pasti PUNK lah ya.

Tuh logo web nya gaul gitu, mohawk euy ^o^ .. Seperti deskripsi di website-nya "#1 lyrics source dedicated to punk music". Memang website ini gudangnya atau tempat ngumpulnya karya punk dunia.

Bagi yang baru ingin mendekatkan diri dengan genre musik ini, bisa utak-atik semua daftar band / musisi Punk seluruh dunia dan cari lirik lagunya. 

Mulai dari yang jadul sampai millenium hingga hari ini, tersedia.

Salah satu Band Indonesia yang ada di website ini: Superman Is Dead.


5. Urbanlyrics [dot] com


What's Up Yo? .. Menurut wikipedia, istilah music Urban ini diciptakan oleh DJ Frankie Crocker pada pertengahan 1970an

Terdiri dari  hip hop, R&B, grime, electronic dance music (Dubstep, UK garage dan drum bass dengan vokalis hip hop atau rappers), dan juga musik Karibia (Reggae, Dancehall, Reggaeton, Zouk, Bouyon, dan sesekali Soca).

Nah, karena itulah inti dari situs ini menampilkan semua lirik lagu dari para musisi yang beraliran musik di atas. 

Pada logo web, terlihat bahwa aksesoris bertema rantai-rantaian dan agak blink-blink memang identik dengan hip-hop, r&b dan soul ya. 

Sedangkan Reggae sudah pasti identik dengan Gimbal ala Sang Legend Bob Marley.

Salah satu lirik lagu berbahasa Indonesia yang ada di website ini: Menantikanmu by 3NITY (Saya masih kurang pasti nih, apakah grup ini dari Indonesia atau bukan? ^_^).


6. Oldielyrics [dot] com


Vintage alias jadul. Itulah yang terlintas di pikiran bila kita menyebut OLDIE. Yeap, lirik lagu yang populer di zaman Orang tua atau Kakek Nenek kita ada di sini nih.

Sebagian besar lagu dan musisi di sini adalah yang populer di tahun 1970an, 1980an dan 1990an. Kita bisa search musisi atau lagu "By Year - Berdasarkan tahun", mulai dari 1940 sampai 2014.

Tetapi, memang hasil pencarian akan menampilkan karya terbaru dari para musisi lama. Genre musik-nya pun beragam. Termasuk Country dan Rock N Roll.

Misalnya kita klik tahun 2013, maka akan ada daftar album terbaru dari: Barbra Streisand, Anthrax, Alan Jackson, Bad Religion dst. 

(Artis lama semua kan? Anak zaman milenium pun jadi bisa mengetahui musik jadul juga kan ^_^).

Yang lebih asyiknya, VIDEO. Mengingat sekarang ini agak susah mencari video tempoe doeloe, dan kalaupun ada, biasanya harus beli. Nah di sini kita bisa tonton sepuasnya. Kualitas gambar dan suaranya pun OK punya.


7. Lirik.Kapanlagi [dot] com


Ini merupakan situs penyedia lirik lagu Indonesia & Internasional. Yang membedakan situs ini dari situs lainnya di list ini bukan hanya karena situs ini milik negara kita, tetapi juga karena situs ini menampilkan daftar lagu dari para musisi berdasarkan alphabet.

Jadi, karya dari seorang musisi di tampilkan secara keseluruhan (# - Z),  tidak per-album seperti situs lainnya.

Bila ingin mencari lirik di situs ini, lebih baik mengetikkan "Nama musisi dan Judul lagu", biar lebih mudah. 

Kalau cuma nama artis, nanti repot cari lagunya dengan scrolling dari atas sampai bawah :D

Genre musik yang tersedia bagaimana? Jangan khawatir, semua jenis musik numplek di sini, hehe.

Saya sudah coba cari Metallica, Pantera, Soulfly, ada hasilnya (walau lagu-lagunya tidak terlalu lengkap sih :D).

Lalu coba lagi Ike Nurjanah, Meggi Z, ada juga hasilnya. Malah lagu anak-anak seperti "Melissa - Abang tukang bakso" pun ada.

Bila ingin melihat koleksi video ada di: musik.kapanlagi.com/klip-video.

~o0O0oo0O0oo0O0o~

Itulah 7 Website Penyedia Lirik Lagu Terbaik. Apakah anda masih belum menemukan lirik lagu yang anda cari? Ah masa'? Terpaksa deh cari di Search Engine kalau beg-beg-begitu :D ..
    Namun yang pasti, Semua situs-situs di atas punya fasilitas request lirik, submit lirik dan edit (koreksi) lirik.

    Lalu apabila kita berminat untuk membeli lagu atau hak lainnya, bisa langsung beli melalui situs diatas atau ke online music shop terpercaya ya.

    OK Dears, Selamat berburu lirik ya. Jangan lupa simak: Music Review Lainnya ya.


    Thanks For Stopin' By My Blog
    Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

    Tentang | Kontak | Pelaporan