TOP 9 Fictional Detectives - Detektif Legendaris Sepanjang Masa

Mystery & Crıme Novels - Hello Dears, yang suka hal-hal berbau misteri akan sangat dekat dengan tema / topik seperti ini kan. Sebuah karya ilmiah yang mempunyai inti cerita "pemecahan masalah".

Di mana menurut makna umum, Detektif berarti penyidik atau penyelidik, jadi memang identik dengan permasalahan dan solusi.

Selalunya (di kehidupan nyata) lebih sering di kaitkan dengan "badan hukum" atau kepolisian, tetapi bukan berarti tidak bisa di lakukan oleh orang-orang di luar itu lho.

Menjadi seorang detektif membutuhkan pengetahuan luas di segala bidang, daya pengamatan dan ketelitian yang tinggi, lalu yang paling penting adalah kejujuran.

Karena itulah orang biasa di luar kepolisian pun bisa menjadi penyelidik handal. Biasanya di sebut sebagai "Private Detective" atau "Private Eye".

Nah, hal ini membuat para master dunia penulisan menciptakan tokoh hebat nan ikonis sebagai pemecah misteri. Ada banyak sekali detektif fiksi terkenal dan legendaris dunia, ada ratusan sejak dulu sampai ke hari ini. Bahkan mungkin ada ribuan untuk setiap negara yang ada di dunia.

List ini akan membahas 9 tokoh detektif kriminal legendaris yang benar-benar iconic dan punya ciri khas, mau tahu siapa saja? .. Ini dia, mari langsung di simak;

Famous Fiction Detective, Legendary Detectives, sherlock holmes, hercule poirot, columbo, miss marple, ellery queen, shinichi kudo, philip marlowe, kindaichi, lord peter wimsey

1. Sherlock Holmes


Bila bicara mengenai penyelesaian kriminal terjitu, apa yang terlintas di pikiran anda? ...

Biasanya kita akan berpikir: "Coba kalau Sherlock Holmes adalah tokoh nyata dan masih hidup, pasti semua misteri kejahatan akan terpecahkan dengan mudah".. hihihi.

Simak: Kasus Asli Sherlock Holmes - (Conan Doyle) - "The Case of Oscar Slater"

Tokoh detektif satu ini memang sudah sangat melegenda di dunia, bisa di katakan Ia adalah satu-satunya tokoh Novel yang paling di hargai layaknya tokoh nyata. Keren kan tuh.

Namun, di balik kehebatannya di cerita ini, ada yang lebih hebat lagi, yaitu penulis dan kreator karakter Holmes ini. Siapakah itu?

Yaaa, Sir Arthur Conan Doyle, seorang penulis handal dari Inggris dan berdarah scotlandia.

Menurut sejarah biography Conan Doyle dan karya emasnya ini, pentokohan Sherlock Holmes terinspirasi dari dua orang yang dekat dengan bidang kerja Doyle.

Ada Joseph Bell, seorang ahli bedah yang dapat menganalisis sesuatu hanya dengan pengamatan singkat. Lalu ada juga Sir Henry Littlejohn, seorang ahli medis dan ahli bedah kepolisian Edunburg.

Joseph Bell bahkan pernah membuat pernyataan keren kepada Conan Doyle:
You are yourself Sherlock Holmes and well you know it. 
Pertama kali karya Sherlock Holmes di publikasi ke media cetak adalah sekitar tahun 1887 dengan judul "A Study in Scarlet". (Ini yang populer pertama kali, meskipun nyatanya ada beberapa unpublished works sebelum karya tersebut di rilis ke media).

Tercatat ada empat novel dengan lima volume kisah pendek dan 60 seri yang telah di tulis oleh Doyle (1887 sampai 1927).

Tidak hanya cerita novelnya saja yang di kagumi, tetapi juga style pakaian Holmes yang sangat khas dan masih sangat di kenali di dunia hingga kini.

Sir Arthur Conan Doyle dan detektif karya-nya di sebut-sebut sebagai penulis dan detektif terawal yang menginspirasi banyak karya besar dari penulis lainnya.

Dalam ceritanya, Holmes adalah seorang pria yang karismatik dengan daya pengamatan dan analisis tinggi. Ia mempunyai berbagai macam keahlian bela diri dan pengetahuan forensik.

Pada petualangannya memecahkan kasus, Ia sering di dampingi asisten setia yang juga seorang dokter yaitu Dr. John H. Watson. Lalu ada sekumpulan anak jalanan di Baker street yang sering di jadikan sumber informasi oleh Holmes.

Tokoh utama dan legendaris lainnya yang ada di serial (cerita) Sherlock Holmes ini adalah: Prof. James 'Jim' Moriarty, Irene Adler, Mycroft Holmes.


2. Hercule Poirot


Satu lagi detektif fiksi yang punya ciri khas dan melegenda. Ditambah lagi ini adalah buah karya penulis novel favorit saya dan Anda pastinya ya. Wanita ter-cool di dunia Agatha Christie ;)

Kisah dan karakter Hercule Poirot ini merupakan karya Agatha Christie terulung dan terbaik. 

Mulai di tulis pada tahun 1916 dan di publikasikan pada sekitar tahun 1920, karakter ini sudah mencuri hati pembaca seluruh dunia. Judul pertama dari seri ini "The Mysterious Aff*ir at Styles".

Agatha Christie menyebutkan bahwa inspirasi pembentukan karakter dan awal mula cerita Poirot ini ada hubungannya dengan Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle di atas lho. -
I was still writing in the Sherlock Holmes tradition – eccentric detective, stooge assistant, with a Lestrade-type Scotland Yard detective, Inspector Japp.
Poirot adalah seorang detektif dari Belgia dengan otak abu-abu, dandanan rapih, gemar akan makanan lezat dan yang paling ikonis adalah kumis hitam melintang khasnya. Sampai sekarang menjadi simbol yang mengiringi kebesaran namanya.

Selain itu, Hercule Poirot adalah satu-satunya karakter fiksi yang pernah ditampilkan di halaman depan "New York Times".

Tercatat ada 33 novel dan 54 cerita pendek Hercule Porot yang telah di tulis Agatha Christie ^o^


3. Columbo


Nah yang ini berbeda nih, bukan hanya gaya dan dandanannya saja yang jauh dari kesan dendy seperti detektif lainnya, tetapi juga karena karakter ini adalah karakter layar alias televisi.

Yup, tokoh ini ada pada serial film misteri di America yang di cetuskan oleh William Link dan Richard Levinson. Pemeran utama nya adalah Peter Falk.

Pertama kali muncul sekitar tahun 1962, di tayangkan sekitar tahun 1968 terus berlanjut hingga tahun 1978. Lalu di lanjutkan lagi pada tahun 1989 sampai 2003.

Columbo di gambarkan sebagai seorang detektif investigasi keturunan Italia dari Los Angeles Police Department.

Karakternya yang ramah namun pelupa dan acak-acakan ini sering di anggap enteng oleh para pelaku/ tersangka.

Tapi di balik itu, Ia bisa adalah orang sangat detail dan berdedikasi pada tugas dan tanggung jawab. Daya pengamatan tinggi dan pastinya justru sangat handal menyelesaikan sebuah kasus.

Banyak cerita detektif modern yang juga mengadopsi karakter dan cerita Columbo ini. Tak heran nama dan gaya khas-nya menjadi iconic dan legendaris bagi penggemar misteri seluruh dunia. Columbo memang unik ^_^


4. Miss Marple


Jane Marple atau Miss Jane Marple adalah salah satu detektif wanita terpopuler di dunia. Lebih menariknya, ini adalah karakter lain ciptaan Agatha Christie ..

Pertama kali tampil pada tahun 1926 - 1927 di majalah sketsa, lalu akhirnya pada tahun 1930 karya penuh dari novel-nya di publikasi ke media.

Banyak hal yang menginspirasi Christie dalam pembentukan karakter satu ini, salah satunya adalah Caroline Sheppard. Seperti yang di katakan Agatha Christie pada autobiography-nya:
 Marple was born at the age of sixty-five to seventy and was born from the character of Caroline Sheppard from the famous Poirot novel "The M*rder of Roger Ackroyd".
Miss Marple di gambarkan sebagai seorang detektif rumahan yang mempunyai daya analisis tinggi. Ia berasal dari sebuah desa kecil dan tinggal sendirian. 

Kesehariannya seperti kebanyakan wanita paruh baya lainnya, yaitu berkebun, bergosip, merajut, dst.

Tapi di balik itu, Ia mempunyai kedewasaan dalam menyelidik dan menganalisis, bahkan pada ceritanya Ia sering memecahkan masalah/ kasus hanya dengan mendengarkan kronologi kejadian sambil merajut.

Walau sering juga para polisi dan pelaku meremehkannya karena di anggap sebagai wanita tua biasa yang kepo, hihii. Tapi setelah Ia memecahkan masalah, baru tau dech tuh bahwa Miss Marple lebih baik dari mereka.

Itulah yang menjadi ciri khas Marple, walaupun seri novelnya tidak sebanyak detektif lainnya, tetap saja Miss Jane Marple selalu membekas di ingatan siapa pun yang pernah membaca karya Agatha Christie yang satu ini.


5. Ellery Queen


Nama Ellery Queen ini merujuk pada dua hal. Pertama: sebuah nama karakter novel misteri, Kedua: merupakan nama pena dari dua penulis asli dari novel ini.

Menarik kan? Penulis aslinya adalah Frederic Dannay dan Manfred Bennington Lee, menggunakan satu nama pena tersebut untuk menggabungkan kedua nama mereka.

Awal mula tercipta karakter dan novel ini adalah di saat Frederic Dannay masih kecil, Ia sakit dan harus libur sekolah. 

Lalu Ibunya memberi sebuah buku bacaan agar Ia tidak bosan, buku yang di beri adalah Sherlock Holmes. Di sinilah Ia mulai berpikir untuk menciptakan seorang tokoh detektif juga.

Beberapa tahun kemudian, Dannay mengajak sepupunya Lee untuk mengikuti kontes yang di adakan sebuah majalah, mereka mulai menulis cerita misteri dengan seorang detektif sebagai tokoh utama yaitu Ellery Queen.

Hasilnya mereka memenangkan kontes dan memutuskan memakai nama yang sama sebagai nama pena mereka.

Itulah yang membuat Ellery Queen unik, hingga akhirnya semakin berkembang dan menjadi terkenal sebagai salah satu detektif fiksi legendaris.


6. Shinichi Kudo


Bila bicara mengenai komik dan anime populer selain Doraemon, untuk saat ini Detective Conan adalah jawabannya. Terlepas dari suka atau tidak suka, hampir bisa di pastikan semua orang terutama remaja tahu dengan yang satu ini.

Yup, sebuah karakter detektif ciptaan Gosho Aoyama yang berhasil mencuri minat pembaca seluruh dunia ini memang unik dan penuh kejutan. Gambar dan ekspresi para tokoh di komiknya pun memang menghibur.

Pertama kali muncul majalah mingguan Shonen pada sekitaran tahun 1994. Setelah itu di lanjutkan ke manga dan anime hingga hari ini terus berlanjut.

Yang membuat cerita ini unik adalah di saat tokoh utama yaitu Shinichi Kudo seorang detektif SMA yang terkenal berubah menjadi Conan Edogawa seorang anak SD kelas 1.

Awalnya Ia ingin di hapuskan dari muka bumi oleh dua orang anggota organisasi hitam, tetapi malah berujung pada menyusutnya tubuh.

Memang banyak juga orang-orang menganggap cerita ini terlalu tidak masuk akal dan sebagainya, tetapi bila di lihat dari sisi lain, kepadatan cerita dan pengetahuan yang di bagikan oleh sang kreator Gosho Aoyama ini cukup bagus dan bisa menghibur juga.

Dengan mengadaptasi beberapa inti utama Novel detektif terpopuler dunia lainnya, tokoh dan karekter yang ada di cerita ini menjadi iconic dan di perhitungkan juga di dunia bacaan misteri.

Termasuk nama Conan Edogawa yang merupakan gabungan dua novelis legendaris dunia.

Yaitu Sir Arthur Conan Doyle yang menciptakan tokoh detektif "Sherlock Holmes" dan Edogawa Ranpo yang menciptakan tokoh detektif "Kogoro Akechi".

Shinichi Kudo menjadi salah satu detektif fiksi yang lumayan di lirik oleh pembaca dunia, dan Gosho Aoyama menjadi penulis (komikus) misteri yang paling populer di zaman millenium ini.


7. Philip Marlowe


Yang ini adalah tokoh ciptaan novelis Raymond Chandler. Awalnya Chandler hanya pria biasa (bukan penulis) yang harus berhenti kerja karena suatu hal.

Setelah itu Ia mulai memutuskan untuk menulis beberapa cerita pendek yang di publikasi di Majalah.

Ia baru memutuskan untuk menjadi novelis spesialis Detektif / Crime fiction setelah usianya mencapai kepala 4 alias 40an.

Karya misteri pertamanya adalah sebuah cerita pendek berjudul "Backmailers Don't Shoot" tahun 1933 yang di publikasikan di sebuah Majalah terkenal Amerika.

Lalu beberapa tahun kemudian tepatnya tahun 1939 novel pertamanya yang berjudul "The Big Sleep" dengan tokoh utama "Philip Marlowe" ini terbit.

Pertama kali tokoh ini muncul di cerita pendek "Finger Men" yang merupakan ciri khas Raymond Chandler sebelum akhirnya menerbitkan sebuah novel. 

Di sebut-sebut bahwa tokoh ini juga terinspirasi dari tokoh "Sam Spade" karya Dashiell Hammett yang di ciptakan pada tahun 1930an.

Nah inilah yang menjadi titik keberuntungan Raymond Chandler sebagai spesialis cerita detektif. 

Yang membuat karakter Philip Marlowe ini unik adalah Ia seorang pria biasa yang gaya bicaranya agak kasar dan sifat "agak" buruk lainnya. Tetapi, di luar itu, Marlowe mempunyai keistimewaan pengamatan jitu seperti detektif lainnya.


8. Kindaichi


Tokoh Kindaichi yang terkenal ada dua. Bagi penggemar berat novel, pasti langsung terpikir tentang K. Kindaichi, sedangkan yang suka komik atau manga pasti langsung ingat H. Kindaichi. 

Hayo? Iya Kan? Atau Entah? hihihi.

Awal mula nama ini di sebut dan menjadi icon dunia detektif adalah pada sekitar tahun 1946.

Sebuah novel misteri yang merupakan salah satu novel misteri terbaik Jepang sepanjang masa ini di tulis oleh Seishi Yokomizo. Judulnya "The Honjin M*rder Case" dan tokoh utamanya adalah Kosuke Kindaichi.

Karakternya yang cool dan sangat kental dengan gaya pemecahan misteri bak seorang budayawan di zamannya membuat tokoh ini menjadi salah satu yang terbaik di Jepang.

Lalu yang paling menarik adalah kepergian penulis aslinya tidak membuat cerita Kosuke Kindaichi terhenti seperti tokoh detektif lainnya, Ia ternyata punya keturunan yang mewarisi darah detektifnya. 

Cucunya yang nyeleneh, selengean, dan agak badung ternyata punya kemampuan hebat seperti dirinya lho.

Ya.... Hajime Kindaichi, itulah cucu dari sang legendaris Kosuke Kindaichi. Cerita yang menampilkan Hajime Kindaichi ini pertama kali di perkenalkan pada sekitaran tahun 1992.

Ada beberapa versi novel, tapi sebagian besar adalah versi komik. Cerita ini di tulis oleh Yozaburo Kanari dan Seimaru Amagi, bersama Fumiya Sato sebagai ilustrator.

Hajime adalah seorang detektif smu yang sering membantu pihak kepolisian memecahkan kasus, tidak sedikit juga orang biasa yang mencarinya untuk memecahkan misteri lainnya dengan bayaran yang aduhai.

Itulah uniknya Kindaichi ini, secara pribadi Ia adalah seorang anak smu biasa yang pikirannya agak "ngęres", sedikit matre dan mata keranjang :D.

Tapi sebenarnya cinta hatinya hanya pada Miyuki Nanase teman kecilnya.

Intinya, cerita di Kindaichi case & file padat dengan unsur sejarah dan juga penuh humor, asyik juga. ^_^


9. Lord Peter Wimsey


Seorang pria eksentrik, fashionable dan kaya tetapi punya hobi aneh, yaitu gemar menjadikan "kriminal" sebagai kesenangan pribadi. Wah maksudnya apa tuh?

Heheh, tokoh detektif ciptaan novelis misteri Dorothy L. Slayer ini memang unik. Lord Peter Wimsey di gambarkan sebagai seseorang yang terlihat biasa dari segi penampilan (Wajah dan tubuh).

Namun ia punya penghasilan mantap, gaya berpakaian glamour, berbakat olah raga dan punya minat seni yang tinggi terutama musik classic.

Apa yang membuatnya merasa puas saat terlibat dengan kasus kriminal sehingga Ia sering mencari-cari sendiri?...

Penyebabnya ya seperti detektif lainnya, Wimsey hanya bermaksud untuk menyelesaikan dan memecahkan setiap misteri yang ada dengan tangannya sendiri.

So pasti Ia akan merasa senang dan puas dengan begitu. Jadi bukannya Ia berniat untuk meniru dan melakukannya lho, aduh jangan lah ya.

Lalu hal unik dan menarik dalam penyajian karakter dan cerita ini adalah seperti kutipan ucapan Dorothy Slayer berikut:
Lord Peter's large income, I deliberately gave him. After all it cost me nothing and at the time I was particularly hard up and it gave me pleasure to spend his fortune for him. I can heartily recommend this inexpensive way of furnishing to all who are discontented with their incomes. It relieves the mind and does no harm to anybody
~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~•~

Yak, itulah 9 detektif fiksi yang legendaris sepanjang masa. Semua cerita dan tokoh tersebut pernah di angkat ke layar kaca maupun layar lebar.

Aktor dan Aktris yang memerankan masing-masing tokoh pun patut di acungkan jempol dech.

Tapi, kembali lagi pada selera masing-masing orang nih, apakah sudah cukup puas dengan membaca novel / komik atau lebih suka menonton film nya.

Kalau saya pribadi sih 100% saya akan memilih untuk membaca karya asli, bagi saya itu lebih asyik daripada menonton film yang di adopsi dari Novel, yah sesekali saja nonton film-nya sih boleh (Kalau lagi mood, hihi) :D .. Back to taste masing-masing saja ya.



Thanks For Stopin' By My Blog
Kategori: , ,
Admin's : Thanks to my family, best friends and readers for always supporting me .. ^.^

Tentang | Kontak | Pelaporan